Balta (2018): Teaching Torque with 5E Learning Strategy: An Off-Center Disk Case.


Review Artikel Jurnal: Phys. Educ. 53 (2018) 013001 (3pp) 

link: http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1361-6552/aa90e5/meta

Nuri Balta
Almaty Management University, Almaty, Kazakhstan
E-mail: baltanuri@gmail.com

Abstrak
Dalam artikel ini, lima demonstrasi sederhana dengan sebuah off-center disk (piringan tidak di tengah) yang dapat dengan mudah dibangun dan ditunjukkan dalam kelas sains dijelaskan dengan strategi pembelajaran 5E. Demonstrasi ini dapat digunakan untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang hubungan antara pusat massa dan torsi. Kegiatan STEM ini cocok untuk SMA atau tahun pertama kuliah fisika (perguruan tinggi), dan diharapkan untuk melibatkan siswa selama kuliah fisika.



Kesimpulan
Peserta didik saya enjoy dengan aktivitas ini karena mereka menyajikan fenomena aneh dan memukau yang memotivasi dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran konsep sains, yakni, pusat massa dan torsi.
Ketakjuban awal peserta didik diikuti oleh keheranan bahwa mereka tidak bisa menyarankan solusi untuk menggelindingkan piringan. Kasus-kasus semacam itu adalah peluang bagi para guru untuk mempresentasikan topik pelajaran. Peserta didik biasanya akan mendengarkan dengan penuh rasa ingin tahu penjelasan yang diberikan oleh guru karena mereka benar-benar ingin mempelajari alasan di balik hal yang telah membuat mereka takjub. Inilah keindahan menggunakan 5E Learning Strategy dengan fenomena kontekstuitif.

Comments