Review Artikel Jurnal: Phys. Educ. 53 (2018) 013001 (3pp)
link: http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1361-6552/aa90e5/meta
Nuri Balta
Almaty
Management University, Almaty, Kazakhstan
E-mail:
baltanuri@gmail.com
Abstrak
Dalam artikel ini,
lima demonstrasi sederhana dengan sebuah off-center
disk (piringan tidak di tengah) yang dapat dengan mudah dibangun dan
ditunjukkan dalam kelas sains dijelaskan dengan strategi pembelajaran 5E. Demonstrasi
ini dapat digunakan untuk membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang
hubungan antara pusat massa dan torsi. Kegiatan STEM ini cocok untuk SMA atau
tahun pertama kuliah fisika (perguruan tinggi), dan diharapkan untuk melibatkan
siswa selama kuliah fisika.
Kesimpulan
Peserta didik saya enjoy dengan aktivitas
ini karena mereka menyajikan fenomena aneh dan memukau yang memotivasi dan
melibatkan peserta didik dalam pembelajaran konsep sains, yakni, pusat massa
dan torsi.
Ketakjuban awal
peserta didik diikuti oleh keheranan bahwa mereka tidak bisa menyarankan solusi
untuk menggelindingkan piringan. Kasus-kasus semacam itu adalah peluang bagi
para guru untuk mempresentasikan topik pelajaran. Peserta didik biasanya akan
mendengarkan dengan penuh rasa ingin tahu penjelasan yang diberikan oleh guru
karena mereka benar-benar ingin mempelajari alasan di balik hal yang telah
membuat mereka takjub. Inilah keindahan menggunakan 5E Learning Strategy dengan
fenomena kontekstuitif.
Comments
Post a Comment